Makanan yang bermanfaat untuk olahraga


Assalamualaikum wr. wb.
Baiklah disini saya akan berbagi ilmu kesehatan untuk anda,apa saja makanan yang baik untuk olahraga.berikut dibawah ini makanan yang untuk kesehatan pada saat berolahraga

Macam-Macam Makanan Bermanfaat untuk Olahraga
1. Bayam
Banyam merupakan sayur yang memiliki Kalsium yang tinggi banyam juga memiliki banyak zat besi dan vitamin A , bermanfaat untuk kesehataan tulang.
2. Ikan
Ikan merupakan Makanan yang sangat bermanfaat untuk tulang anda ikan merupakan sumber kalsium yang tinggi dan memiliki kadar Vitamin E.
ikan salmon mungkin dapat anda jadikan pilihan walaupun harga yang sangat mahal tapi sebanding dengan khasiatnya bila anda tidak memilik dana yang cukup untuk membeli ikan ini mungkin ikan tuna menjadi pilihan lainnya.
3. Susu
Sama seperti Ikaln, Susu merupakan sumber kalsium yang tinggi, dalam satu gelas susu yang bertakaran 230 mililiter terkandung lebih dari 30% kalsium yang perlukan tubuh setiap harinya,
4. Telur
telur juga memiliki sumber kalisum yang baik bagi tulang anda, pada putihan telur terdapat kalsium dan Kuning telur terkandung vitamin D ini tentu menjadi alternatif bagi anda yang ingin memiliki tulang yang kuat dan sehat.
5. Pisang
Pisang ini juga memiliki kalium (potassium) yang tinggi, tapi sayang banyak orang tidak mengetahui hasiat dari pisang ini mungkin dikarenakan kesadaran masyarakat bahwa memilik tulang yang sehat itu tidak di utamakan.
6. Tahu
Tahu juga merupakan makanan yang kaya dengan kalsium yang tinggi, tahu dapat dijadikan alternatif untuk anda apalagi untuk yang alergi terhadap ikan.
7.Kentang
kentang tidak memiliki kandungan kalsium yang tinggi seperti makanan lain seperti di atas akan tetapi kentang memiliki kalsium dan mineral (vitamin D) yang berguna untuk penyerapan kalsium dengan cepat pada tubuh.
Manfaat Makan Makanan Sehat Untuk Olahraga
1.Bayam
            Kandungan bayam adalah:
  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Vitamin K
  • Vitamin B1
  • Flavonoid
  • Selenium
  • Zat besi
  • Fosfor
  • Karbohidrat
  • Neoxanthin dan violaxanthin
  • Lemak
  • Mangan
  • Beta karoten
  • Protein
  • Seng
  • Phytonutrisi
  • Lutein
  • Energi
  • Kalsium
  • Air
  • Menjaga kesehatan mata
Vitamin A yang terkandung pada sayur bayam juga teryata mampu menyehatkan mata. Selain itu juga, kandungan lutien pada bayam dapat mengurangi resiko terkena katarak. Untuk Anda yang memiliki jam kerja yang relatif lama, sangat disarankan untuk sering mengonsumsi bayam, agar kualitas penglihatan Anda tetap terjaga.
  • Menguatkan tulang
Fungsi yang satu  ini sangat bermanfaat untuk anak-anak yang masih kecil yang masih dalam proses pertumbuhan dan orang tua yang sudah lanjut usia. Kalsium dan vitamin K dalam bayam bersinergi atau bekerja bersama untuk menjaga tulang kita agar tetap kuat. Peran vitamin K di sini adalah untuk memaksimalkan penyerapan kalsium oleh tulang. Jika penyerapan kalsium sudah maksimal, maka kekuatan tulang kita juga akan tetap kuat.
  • Menyehatkan kulit
Selain untuk menjaga kesehatan tubuh,  sayur bayam juga dapat menjadi solusi untuk masalah kecantikan Anda. Untuk Anda yang tidak suka dengan kulit kering, wajah sudah banyak keriput padahal masih muda atau bermasalah dengan jerawat Anda, maka mengonsumsi sayur  bayam adalah salah satu solusi alami untuk mengobati tiga hal tersebut. Karena kandungan vitamin A dalam bayam sama seperti kandungan pada wortel yaitu dapat menjaga lapisan epidermis kulit tetap lembab sehingga akan terhindar dari kulit kering, kulit keriput dan masalah jerawat.

2.Susu
Adapun penelitian baru terkait manfaat minum susu cokelat rendah lemak setelah latihan berat yakni:

Peningkatan kinerja

Pesepeda yang terlatih akan memiliki kekuatan lebih besar secara signifikan dan melaju lebih cepat dalam waktu perjalanan bila mereka minum susu cokelat rendah lemak jika dibandingkan dengan minum minuman olahraga berkarbohidrat dan bebas kalori.

Adaptasi latihan lebih cepat

Bila dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi minuman pemulihan energy lainnya, peminum susu cokelat dua kali lebih besar mengalami perbaikan dalam ukuran kebugaran aerobik dan adaptasi.

Komposisi tubuh lebih baik

Peminum susu cokelat memiliki lebih banyak otot dan kehilangan lebih banyak lemak selama latihan jika dibandingkan dengan yang minum minuman berkarbohidrat.

”Secara kolektif, penelitian kami menunjukkan bahwa susu coklat rendah lemak dapat meningkatkan kinerja dan membantu latihan bagi para atlet terlatih dan amatir saat dihadapkan dengan rutinitas yang sulit,” kata pemimpin penelitian John L Ivy PhD dari University of Texas di Austin.

3.Telur
1. Banyak mengandung vitamin
di dalam kuning telur terdapat banyak sekali vitamin E, A dan D.
2. Bermanfaat untuk rambut.
Kuning telur tidak hanya makanan bergizi, tetapi juga sangat bermanfaat bagi rambut dan telah menjadi obat perawatan rambut tradisional. Karena kaya vitamin yang terdapat dalam kuning telur ini membantu mencegah rambut rontok, meningkatkan kesehatan rambut, agar tampak kemilau dan lembut. Kuning telur melindungi rambut dari efek negatif dari klorin, polusi, dan sinar UV.
3. Kaya akan mineral.
Kuning telur mengandung sebagian besar mineral yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Ini termasuk tembaga, kalsium, folat dan zat besi.
4. Bermanfaat untuk mata.
Kuning telur adalah sumber karotenoid, yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Mereka adalah senyawa yang menyerap zeaxanthin dan lutein. Kedua karotenoid di kumpulkan di bagian belakang mata dan melindungi mata terhadap degenerasi makula, yang berkaitan erat dengan usia.
5. Kaya sumber omega 3 asam lemak.
Kuning telur merupakan sumber dari senyawa omega-3 asam lemak yang penting untuk perkembangan fungsi otak dan fungsi retina mata.
lemak ini dibutuhkan oleh pertumbuhan anak-anak, wanita hamil dan ibu menyusui. Ini juga penting untuk orang yang menderita penyakit degeneratif seperti penyakit Alzheimer.
6. Mempertahankan kesehatan tubuh.
Orang yang mengkonsumsi kuning telur secara teratur memiliki pencernaan yang lebih baik, stamina meningkat, dan resistensi yang tinggi terhadap penyakit. Dengan demikian, kuning telur adalah makanan yang membantu untuk menjaga kesehatan tubuh secara umum.
mengingat manfaat kuning telur lebih besar dari pada manfaatnya, anda bisa mengkonsumsinya secara teratur namun dengan batasan yang perlu di perhatikan,. Mungkin paling banyak 1 sampai 2 biji kuning telur cukup
Telur cocok untuk tulang kaki,stamina tubuh seperti olahraga:Sepak Bola,Badminton,Basket,dll.


4.Pisang
Berikut adalah manfaat makan buah pisang sebelum olahraga :
1. Pisang yang sudah matang memiliki zat pati yang dipecah menjadi glukosa, sehingga keduanya lebih manis dan lebih cepat dicerna. Glukosa kemudian diubah menjadi glikogen yang akan disimpan untuk bahan bakar otot, dan siap dilepas saat berolahraga. 

2. Buah pisang  sumber vitamin B6 yang baik untuk membuat protein. Protein tersebut menjaga fungsi tubuh, kesehatan sistem saraf, dan kekebalan tubuh. Pisang merupakan sumber folat, kalium, magnesium, dan vitamin C. Sehingga makan pisang sebelum olahraga bermanfaat dalam menjaga kondisi atlet tetap pada puncaknya. 

3. Pisang secara alami sudah dikemas lengkap dengan serat, nutrisi dan antioksidan sehingga pemenuhan kebutuhan seorang atlet sudah tercukupi. Cukup dengan makan buah pisang sebelum berolahraga maka tubuh akan terasa segar.

4. Manfaatnya mengkonsumsi pisang sebelum olahraga lainnya yaitu Kandungan potasium pada pisang juga bisa mencegah kram otot. Selain baik untuk otot, potassium juga mampu mengurangi tekanan darah.. Sebaiknya konsumsi setengah porsi pisang ukuran besar setiap 15 menit untuk durasi olahraga lebih dari satu jam.

5. Kandungan asam amino pada buah pisang mampu membakar lemak menjadi energi dan mampu meningkatkan metabolisme tubuh. Jadi sebelum olahraga terlebih dahulu mengkonsumsi pisang dapat menambah tenaga untuk persiapan olahraga.

5.Kentang

Perawatan kulit
Vitamin-C, B kompleks dan mineral seperti kalium, fosfor magnesium, dan seng adalah sumber yang baik untuk perawatan kulit. Pulp yang diperoleh dalam kentang mentah dihancurkan, dicampur dengan madu, juga dapat dioleskan sebagai tapal pada keriput dan noda kulit lainnya akibat penuaan.

Fungsi otak
Fungsi otak yang tepat sangat tergantung pada pasokan oksigen, kadar glukosa, magnesium, beberapa anggota vitamin B kompleks dan beberapa hormon, seperti asam amino dan asam lemak seperti omega-3 asam lemak. Kentang memenuhi hampir semua kebutuhan di atas. Selain itu,kentang juga mengandung zat-zat tertentu lainnya seperti seng dan fosfor yang baik untuk otak juga.

Peradangan
Gizi yang terkandung dalam kentang seperti vitamin C, vitamin B dan potasium adalah sumber yang baik untuk meredakan peradangan, baik internal maupun eksternal seperti radang usus dan sistem pencernaan. Karena kentang itu lembut dan mudah dicerna merupakan kabar baik bagi mereka yang memiliki borok mulut.

Reumatik
Beberapa nutrisi seperti vitamin, kalsium dan magnesium pada kentang dapat membantu mengurangi rematik.
Kentang cocok untuk senam pagi,lari marathon dan lain-lain.

Sekian dari saya semoga bermanfaat untuk kita semua
 Wassalamualaikum wr. wb.

Comments

Popular posts from this blog

Download Counter Strike Extreme V6 Full Version

Cara mengatasi GTA San Andreas yang tidak bisa dibuka

Download e_sound we9 terbaru